Google Apps Sudah Tidak Free Lagi

Google Apps Sudah Tidak Free Lagi

Kabar mengejutkan datang dari search engine nomor satu didunia yakni Google. Pasalnya, Google Apps sudah tidak free lagi. Dengan kata lain, Anda harus membayar jika hendak menggunakan Google Apps.

Jika dahulu, Google Apps Basic diberikan secara gratis, kini Anda harus membayarnya karena semua paket basic tersebut sudah terupgrade kedalam paket premium yang memang sejak dulu dikenakan biaya untuk pengunaannya.

Masalah yang timbul setelah Google Apps sudah tidak free lagi adalah Anda tak bisa mendaftarkan email domain Anda secara gratis lagi.

Jika dulu Anda ingin membuat email berformat seperti berikut: username@domainanda.com kini kesempatan tersebut sudah tidak bisa didapatkan secara gratis.

Mau tidak mau memang Anda harus membayar sejumlah biaya jika ingin mendaftarkan email domain Anda melalui Google.

Google Apps Sudah Tidak Free Lagi

Beberapa fakta tertentu seputar pemberhentian Google Apps secara free ini terkuak. Berikut adalah fakta-fakta penting paska Google Apps sudah tidak free lagi:

  • Kebijakan ini hanya berlaku untuk pendaftar baru. Jadi, untuk pemilik akun lama tetap dapat menikmati fasilitas gratis.
  • Keputusan dari Google ini berlaku sejak tanggal 6 Desember 2012.
  • Jika pendaftar baru ingin menggunakan Google Apps secara gratis tetap bisa, tetapi hanya mendapat masa penggunaan 30 hari saja alias hanya trial.
  • Google Apps berbayar ini memungkinkan pendaftar barunya untuk create 500 user didalam domainnya tersebut.
  • Layanan gratis email berkapasitas 7 GB untuk domain Anda sudah tidak bisa diperoleh lagi bagi para pendaftar baru.

Namun jangan berkecil hati dahulu. Karena Anda masih bisa menggunakan email gratis dari Gmail walaupun Google Apps sudah tidak free lagi. Meskipun alamat emailnya tidak bisa seperti username@domainanda.com.

Menggunakan fasilitas email gratis dari Gmail, sama layaknya ketika Anda mendaftar email gratis di Microsoft atau Yahoo.

Akan selalu ada imbuhan nama perusahaan tempat Anda mendaftarkan email di belakang username email Anda. Contohnya seperti: username@yahoo.com, username@outlook.com atau ketika Anda menggunakan email gratis dari Gmail, tentu alamat Anda akan menjadi: username@gmail.com.

Baca Juga : Pengertian Zoom Meeting

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *